Jelang PILKADA 2024, BAWASLU Payakumbuh Gelar Rakor Pengawasan Netralitas ASN , TNI, dan Polri Untuk Pemilihan Kepala Daerah. 

Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) kota Payakumbuh menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Netralitas ASN, TNI, dan Polri pada Tahapan Pemilihan Serentak Kepala Daerah tahun 2024 dengan stakeholder.

Sebanyak 65 orang peserta terdiri dari Unsur FORKOPIMDA Payakumbuh, Pj Wali Kota Payakumbuh, Polres Payakumbuh, Dandim 03/06, Camat se-Kota Payakumbuh, OPD se-Kota Payakumbuh turut hadir di Aula Hotel Mangkuto Syariah Payakumbuh. Jumat, 25 Oktober 2024. 

Koordinator Sekretariat BAWASLU Kota Payakumbuh, Syafrial mengatakan tujuan acara rakoor ini diselenggarakan guna  menyamakan pemahaman dan koordinasi menjaga netralitas TNI, Polri, ASN dalam pemilihan serentak kepala daerah 

“Kegiatan ini juga sebagai langkah awal untuk memastikan penyelenggaraan PILKADA di Payakumbuh berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya. 

Ketua BAWASLU Kota Payakumbuh, Aan Muharman dalam sambutannya menyampaikan lebih kurang 34 hari lagi menuju pemilihan serentak kepala daerah yang akan berlangsung di 27 November 2024. sampai hari ini kondusifitas pemilihan masih tetap terjaga. 

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pj Wako yang sangat membantu kami dalam proses penyelenggaraan Pemilihan serentak ini. Makin banyak pasangan calon makin tinggi integritasnya. Sangat bersyukur bisa bekerja sama dengan semua stakeholder,” ujar Aan 

Tak hanya itu, ia juga menyebutkan jika surat suara sudah didistribusikan ke daerah-daerah yang ada di Provinsi Sumbar, kemungkinan perkiraan KPU Payakumbuh tanggal 29 Oktober surat suara tersebut sudah datang di kota Payakumbuh. 

“Rabu kemarin surat suara untuk pemilihan serentak mendatang sudah bisa didistribusikan di tiap daerah di Sumbar dan perkiraan KPU jelang semingguan, tanggal 29 Oktober ini surat suara tersebut datang ke Payakumbuh,” sebutnya. 

Sementara itu, Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno sekaligus membuka kegiatan mengatakan bagaimana kerja sama dalam pengawasan di dalam pemilihan serentak berjalan sebagaimana mestinya dan berharap sekali jelang pemilihan serentak nanti, ASN khususnya dapat menjaga komitmen netralitasnya.

“Di kota Payakumbuh saat ini belom ada temuan pelanggaran dan semoga hingga akhir memang tidak ada. Saat menyelenggarakan alek pacu kuda kemarin yang dihadiri hampir 50 ribu orang itu, alhamdulillah tidak ada ditemukan pelanggaraan. Nanti malam akan ada konser Ifan Seventeen di Lapangan Pacu Kuda, semoga tidak ada timbul pelanggaran tersebut,” ungkapnya. 

Ia menyebut jika hal ini berkat kerjasama semua unsur terkait. Jika nantinya ada ditemukan dugaan pelanggaran harap dilaporkan ke BAWASLU Payakumbuh. 

“Jangan sampai kita kena sanksi, tolong ASN/ OPD terkait cermati apa yang dikatakan presiden kita nantinya,  kerjasama kita ini untuk memberikan jaminan agar PILKADA kita bebas dari pelanggaran- pelanggaran,” tutupnya. 

Dalam moment rakoor pengawasan netralitas ini juga dilakukan Penandatanganan Deklarasikan Netralitas ASN, TNI, dan Polri dalam rangka pemilihan serentak 2024. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *