Sah! Monumen Pacu Kudo Diresmikan 

Monumen Pacu Kuda Kota Payakumbuh yang berada tepat di simpang Gelanggang Pacuan Kuda, Kubu Gadang, sah diresmikan pada Alek Pacu Kuda Piala Gubernur 2024. Minggu, 13 Oktober 2024.  

Moment peresmian ini turut dihadiri oleh Sekretariat Jendral Pembangunan, Sekretariat Pemberdayaan Masyarakat Desa, Direktur Utama PT Semen Grup, Gubernur Sumbar, Pematung Monumen Pacu Kudo Hasnam, Pengurus PORDASI Provinsi Sumbar, Pengurus PORDASI Payakumbuh, Pj Wali Kota Payakumbuh, Sekretaris Daerah Payakumbuh, Unsur FORKOPIMDA Payakumbuh, Kepala OPD Payakumbuh,  Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh. 

Direkrur Utama PT Semen Indonesia, Doni Asa mengatakan pertama kali datang ke payakumbuh, hal ini merupakan kebanggaan Payakumbuh karena Payakumbuh adalah kota kelahirannya. Semen Indonesia adalah induk dri Semen Padang, sehingga keterwakilan  di Sumbar diwakili oleh Semen Padang. 

“Program ini ialah bentuk kepedulian dari Semen Indonesia dan grup. Kami harapkan apa yang dilakukan ini menjadi momentum sebagai langkah percaya diri dan kebanggaan masyarakat terhadap tradisi yang ada di Payakumbuh dan Sumbar. Ini kontribusi semen Indonesia dan grup dalam mendukung kebutuhan masyarakatnya,” ujarnya. 

Senada dengan itu, Pj Wako Payakumbuh, Suprayitno mengatakan melalui Monumen Pacu Kudo ini ke depannya bisa membangkitkan kembali di Payakumbuh bibit-bibit kuda pacu betul sudah ada sejak lama. 

“Nantinya bisa mengulang kembali pacu kuda makin menggelora. Tentu hal ini juga akan akan membangkitkan ekonomi masyarakat. Semoga nantinya PT Semen Indonesia bisa memberikan dananya karena kita ingin menjadikan kota Payakumbuh sebagai central Pacu Kuda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *