PPI Kota Payakumbuh Gelar Rangkaian Kegiatan Capaska 2024 Masuk Desa Bahagia

Sebanyak 54 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (CAPASKA) Kota Payakumbuh tahun 2024 mengikuti rangkaian kegiatan memasuki Desa Bahagia yang berada di di SKB, Kelurahan Padang Alai Bodi, Kecamatan Payakumbuh Timur. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Payakumbuh.

Puluhan Capaska tersebut terdiri dari 26 putri dan 28 putra, kemudian 9 pelatih diantaranya dua TNI, dua POLRI, dan lima dari PPI Payakumbuh. Kamis, 1 Agustus 2024.

Pelatih Paskibraka Kota Payakumbuh, Purn. Pelda Aidal mengatakan di Paskibraka dinamakan Desa Bahagia dan program ini dilaksanakan setiap sekali setahun. Sesuai petunjuk dari nasional dulunya yang namanya masuk Desa Bahagia memiliki halang dan rintangannya.

Menurutnya untuk mengawali kegiatan persiapan star dari Kubu Gadang dengan melaksanakan apel pagi pada pukul 06.30 WIB, kemudian melakukan senam pemanasan, dan setelah itu mengikuti rangkaian acara masuk Desa Bahagia tersebut.

“Proses masuk Desa Bahagia ada seremonial seperti jalan lebih kurang 5 kilo, naik ke Bukit Patah Sembilan yang di sana ada penyampaian dari Kesbangpol dan pelatih tentang cinta tanah air dan bendera mrah putih. Rintangan yang dihadapi ada rayap-rayapan, upacara kontingan dan nembak balon,” katanya saat ditemui sudutpayakumbuh.com di halaman Aula SKB.

Ia juga menyebutka jika kegiatan pelatihan dan pembinaan di Desa Bahagia akan berlangsung hingga tanggal 15 Agustus itu dalam bentuk acara pengukuhan paskibraka Kota Payakumbuh, kemudian di tanggal 16 Agustus istirahat dan tepat di 17 Agustus pelaksanaan upacara bendera.

“Kegiatan ini tidak ada bedanya dari tahun sebelumnya, kami mohon kepada masyarakat Payakumbuh untuk bisa mendoakan anak-anak kita yang kita latih ini sukses melaksanakan tugas pada tanggal 17 Agustus mendatang,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *