ASKOT PSSI Kota Payakumbuh Gelar Kursus Pelatih Sepakbola Lisensi D

Meningkatkan kapasitas sekaligus menyiapkan bibit-bibit atlet sepakbola baru melalui pelatih yang handal, Asosiasi Sepakbola Kota (ASKOT) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Payakumbuh menggelar kursus Pelatih Sepakbola Lisensi D yang diikuti puluhan pelatih Sepakbola dari Kota Payakumbuh dan berbagai daerah di Sumatera Barat.

Kursus Pelatih yang menghadirkan Coach Deny Syamsudin yang pernah melatih PERSIKABO itu digelar ASKOT PSSI Kota Payakumbuh di Aula SKB Kota Payakumbuh Kelurahan Bodi Padang Alai Kecamatan Payakumbuh Timur sejak 25 hingga 31 Juli 2024 nanti.

Kursus tersebut tidak hanya memberikan pembekalan secara teori saja kepada para pelatih yang belum memiliki Lisensi itu, namun mereka akan langsung mempraktekkan langsung di lapangan sepakbola POSPA Kelurahan Payobasung.

Hal tersebut diungkapkan Ketua ASKOT PSSI Kota Payakumbuh, Diki Engla saat memberikan sambutan dalam pembukaan Kursus Pelatih, Minggu siang 28 Juli 2024.

“Kita gelar kursus pelatih  untuk meningkatkan kapasitas sekaligus menyiapkan bibit-bibit atlet sepakbola baru melalui pelatih yang handal, kita (Asosiasi Sepakbola Kota (ASKOT) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Payakumbuh menggelar kursus Pelatih Sepakbola Lisensi D yang diikuti puluhan pelatih Sepakbola dari Kota Payakumbuh dan berbagai daerah di Sumatera Barat,” ucapnya.

Camat Lampasi Tigo Nagari (LATINA) itu juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan diharapkan dapat mengikuti kegiatan dengan kondisi yang sehat kemudian menerima ilmu yang diberikan pemateri.

“Kami juga berharap peserta kursus kepelatihan ini dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan kondisi yang sehat kemudian menerima ilmu yang diberikan pemateri untuk nantinya diaplikasikan,” ujarnya.

CAMAT yang punya banyak Inovasi tersebut juga mengapresiasi seluruh panitia, sehingga pelaksanaan kegiatan bisa berjalan dengan baik.

“Terima kasih kepada kawan-kawan panitia yang menyiapkan kegiatan dengan baik. Terima kasih juga kepada Coach Deny Syamsudin yang hadir langsung untuk memberikan materi.” tutupnya.

Sementara panitia kegiatan, Zulkahendra saat menyampaikan laporan menyebutkan bahwa peserta kursus Pelatih Sepakbola Lisensi D mencapai 21 orang, yang terdiri dari 7 orang dari Payakumbuh, Sumbar 6 orang selain kota Payakumbuh, Sumut 2 orang, Jambi 1 orang, Riau 4 orang, dan Jabar 1 orang.

“Untuk peserta kegiatan ini selain dari Kota Payakumbuh juga ada dari Provinsi lainnya dengan jumlah seluruhnya mencapai 21 orang. Kita sadar dan paham bahwa pemain terbaik akan lahir dari tangan pelatih terbaik. Tentu pelatih yang punya ilmu dan ingin belajar terus,” ucapnya.

Ia juga berharap peserta nantinya tidak hanya sekadar mengikuti pelatihan atau kursus dan mengharapkan sertifikat, namun lebih dari itu harus memanfaatkan ilmu yang diberikan.

“Tentu kita berharap agar nantinya peserta bisa memaksimalkan ilmu atau materi yang diberikan, kita tidak ingin peserta hanya sekadar mengikuti pelatihan atau kursus dan mengharapkan sertifikat.” tegasnya.

Untuk diketahui saat ini di Kota Payakumbuh, terdapat sekitar 30 orang pelatih dengan Lisensi D, 10 orang lisensi C dan 4 orang mengantongi Lisensi B. Dengan kursus pelatih Lisensi D diharapkan bisa nanti mereka terus meningkatkan kemampuan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *