Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 0314 Kota Payakumbuh Adakan Pelatihan Psychological First Aid

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 0314 Kota Payakumbuh mengadakan Pelatihan Psychological First Aid (PFA) sekaligus sidang Paripurna Cabang di Aula Ngalau Indah Balai Kota Payakumbuh pada Sabtu 20 Juli 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan anggota pramuka dari berbagai SMA di Kota Payakumbuh sebanyak 40 orang dan Waka Kwarcab, Sekretaris Cabang, Kapusdiklat dan Andalan cabang.

Kegiatan ini juga menjadi bentuk pengabdian masyarakat Universitas Negeri Padang yang juga bertujuan untuk meningkatkan Mitigasi bencana anggota pramuka peduli Kwarcab Kota Payakumbuh.

Setdako Payakumbuh sekaligus Ketua Kwarcab Payakumbuh Rida Ananda dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini adalah salah satu wadah untuk memupuk jiwa sosial yang melekat di dalam diri hingga masa tua nanti.

“Indonesia Emas 2045 nantinya adik-adik inilah yang akan mengaturnya dan menjadi pemimpin di daerahnya. Minimal jadi pemimpin di rumah tangga karena jiwa kepramukaan dengan lambang serta falsafahnya itu membuat kita banyak belajar untuk jadi pemimpin. Seriusss kita dalam pelatihan ini dan tetap semangat,”

Ia juga mengatakan kegiatan ini dalam rangka membina adik-adik penegak dalam bentuk bagaimana mengajak penegak untuk bisa membantu orang-orang di sekelilingnya berkenaan dengan penanggulangan bencana yang dampak kepada psikologi bencana.

“Narasumber kita dari UNP  yang sudah memahami psikologi karena kan biasanya pramuka itu kalau ada bencana langsung turun membantu jadi mereka harus memahami ilmu-ilmu bagaimana psikologi terutama pascabencana,” ujarnya,

Pemateri dalam pelatihan ini langsung disampaikan oleh Rahmah rezki elvika,S.Psi.I., M.Si yang membahas seputar pemahaman terkait pengertian, prinsip dasar, strategi, dan pentingnya pemberian PFA pada situasi krisis, darurat dan bencana serta cara memberikan PFA secara aman, efektif, benar, dan bertanggung jawab.

Kemudian dilanjutkan dengan pemahaman terhadap reaksi umum penyintas (korban) setelah mengalami musibah. Keterampilan mendengarkan aktif dan keterampilan menenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *