Pengawas TPS PSU DPD RI Se-Kecamatan Payakumbuh Selatan Resmi di Lantik

Panitia Pengawasan Pemilihan Umum Kecamatan (PANWASCAM) Payakumbuh Selatan mengadakan Pelantikan dan Pembekalan Pengawas TPS-Se Kecamatan Payakumbuh Selatan di Hotel Bundo Kanduang pada Rabu, 10 Juli 2024.

Hal ini dalam rangka pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Umum DPD RI pascaputusan Mahkamah Konstitusi No:03-03/PHPU.DPD-XXII/2024. Sebanyak 35 orang PTPS dari kelurahan Kapalo Koto Ampangan, Sawah Padang Aur Kuning, Padang Karambia, Koto Tuo Limo Kampuang, Limbukan, dan kelurahan Balai Panjang resmi dikukuhkan.

Dalam moment pelantikan tersebut, pengambilan sumpah dan janji jabatan dibacakan langsung oleh Ketua Panitia Pengawasan Pemilu (PANWASCAM) Payakumbuh Selatan, Boby Irawan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Pakta Integritas.

Ketua PANWASCAM Payakumbuh Selatan, Boby Irawan mengatakan selamat kepada pengawas yang sudah dilantik, PTPS merupakan garda paling terdepan untuk bisa mensukseskan PSU DPD-RI di Payakumbuh selatan.

“Semoga saat melaksanakan pemilihan nanti agar menjalankan tugas dan tanggung jawab serta kewajiban sesuai Undang-Undang dan regulasi yang berlaku. Kami juga berharap PSU ini tidak ada lagi PSU dalam PSU, kami meminta bapak dan ibuk TPS agar maksimal dalam melaksanakan tugasnya,” katanya.

Ia juga mengingatkan kepada pengawas yang sudah dilantik untuk dapat menjaga kesehatan tubuhnya. Hal ini akan mempengaruhi kinerja PTPS saat sedang menjalankan tugas di hari pemilihan nanti.

“Kalau misalkan bapak ibuk katakanlah kurang fit kondisi tubuhnya dalam melaksanakan tugasnya, pasti akan terganggu dan nanti kurang fokusnya. Semoga kedepannya sehat sampai pemilihan ini berakhir hendaknya,” harapnya.

Camat Payakumbuh Selatan, Resti Desmila, S.STP, MSi juga menyampaikan ucapan selamat kepada kepada pengawas yang sudah dilantik dan diambil sumpahnya. Semoga bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan aturan yang berlaku dan nanti akan dibekali pembekalan oleh komisioner Panwas.

“Apa yang masih diragukan tolong ditanyakan sehingga tidak adalagi keraguan saat pemilihan. Sumpah tadi bukan berlaku dikertas saja, itu benar-benar aplikasikan nantik di TPS,” ucapnya.

Ia juga meminta agar nantinya dapat menjaga netralitas dan integritas sehingga PSU dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik dan marwah Panwas dapat dijaga.

“Tidak hanya bawa nama pribadi tapi Kecamatan Payakumbuh Selatan dan juga lembawa Panwascam. Tolong dijaga kesehatannya mulai dari hari ini sampai berakhir pemilihan,” ujarnya.

Sementara itu, Korsek Bawaslu Kota Payakumbuh, Syahrial juga berpesan kepada yang terlantik mudah-mudahan mampu melaksanakan tugas dengan baik. Ia benar-benar meminta kepada PTPS yang merupakan landasan penyelenggara, saat akan terjadi waktu pemungutan untuk diperhatikan dan dicatat apa saja kejadian yang terjadi nantinya

“Semoga kita dapat melaksanakan Pemilu sebaik mungkin. Tidak ada lagi PSU-PSU selanjutnya. Jaga kesehatan dan jaga stamina,” tutupnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *