Resmi Digelar! Pembukaan Porseni IGTKI PGRI se-Kota Payakumbuh Diwarnai Pelepasan Balon ke Udara.

Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) resmi digelar. Menariknya pembukaan kegiatan ini diwarnai dengan pelepasan balon ke udara di lapangan Balai Kota Payakumbuh, pada Senin (3/6/2024).

Kadis Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril menyebutkan dalam iven ini nantinya akan dipertandingkan 11 cabang perlombaan, seperti membaca Al-Fatihah, bercerita dengan alat peraga, kreatifitas menggunakan alat seragam pembelajaran, cipta baca puisi, digital ATE (berkaitan dengan alat peraga edukatif) berbasis digital bermain sambil.

“Ada bernyanyi, senam irama dengan alat, musik atau lagu, sandiwara boneka, finger painting, tari kreasi baru, dan menyanyi duet. Itulah yang akan ditampilkan oleh guru dan siswa nantinya,” terang Dasril.

Ia juga mengatakan ribuan peserta mengikuti pembukaan acara Porseni IGTKI PGRI 2024 dan nantinya akan berlangsung rangkaian kegiatan perlombaan hingga 8 Juni 2024 mendatang.

“Kegiatan ini dengan resmi kita buka hari ini per-tanggal 3 Juni dan akan berlanjut sampai 8 Juni 2024 di Kota Payakumbuh,”ujarnya.

Dasril melanjutkan, Porseni IGTKI PGRI tahun 2024 ini mengangkat tema Melalui PORSENI TK Kita Tingkatkan Aktifitas dan Kreativitas Murid TK dengan tujuan untuk mengevaluasi setiap rangkaian kegiatan di sekolah pada Taman Kanak-Kanak di Kota Payakumbuh.

“Tujuan diadakan acara ini untuk mengevaluasi pembinaan terkait sistem atau pembelajaran di sekolah antara lain, pembinaan dalam bidang religius, kesenian, olahraga, bakat minat dan lainnya,” tuturnya.

Ia menjelaskan, kegiatan Porseni IGTKI PGRI ini sebagai langkah untuk  mencari calon bibit yang bagus untuk bisa ikut dalam iven-ivent penting dan evaluasi serta pembinaan dari program tahunan sekolah Taman Kanak-Kanak.

“Iya, karena masing-masing sekolah melakukan berbagai program selama 1 tahun dan kita evaluasi melalui lomba dan seni ini. Ini bisa menjadi ajang untuk mencari perwakilan atau bibit calon siswa yang bagus untuk bisa berkontribusi mewakili sekolah di Kota Payakumbuh terutama pada iven atau acara penting. ” katanya.

Ia berharap, dengan adanya acara Porseni IGTKI PGRI 2024 ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta yang hadir dalam hal bakat, minat dan kreativitas.

“Semoga kegiatan pengembangan bakat, minat, kreativitas, selalu dimaksimalkan di seluruh sekolah. Kegiatan di TK itu kan bermain sambil bernyanyi, bermain sambil berketerampilan, bermain sambil belajar, jadi bermainnya itu terpola,” ujarnya.

Kegiatan peresmian ini dihadiri oleh Pj. Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda dan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, serta berbagai tamu undangan lainnya. (Faris/Mg)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *