Kharisma Event Nasional Akan Digelar, Disparpora Payakumbuh Siapkan Acara Bernuansa Bambu

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh akan menggelar beragam acara bernuansa bambu untuk memeriahkan Kharisma Event Nasional (KEN) dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) yang akan berlangsung dari  11-13 Juli 2024 mendatang.

KaDisparpora Kota Payakumbuh, Nofriwandi mengatakan Festival Kharisma Event Nasional ini merupakan program strategis dari Kemenparekraf RI yang nantinya akan dimeriahkan oleh beragam acara atau iven pada bulan Juli nantinya.

“Untuk festival ini akan berlangsung tanggal 11-13 Juli 2024, karena ini termasuk ke dalam bagian Karisma Event Nusantara dari program Kementrian Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif,” kata Nofri saat ditemui sudutpayakumbuh.com pada Kamis (16/5/2024).

Ia juga menjelaskan, dalam acara tersebut akan menampilkan berbagai macam pertunjukan seni hingga kuliner dan semua yang berkaitan dengan fasilitas kegiatan akan banyak bernuansa bambu.

Menurutnya di dalam iven tersebut akan disuguhkan beragam kegiatan antara lain pertunjukan musik dengan menggunakan alat-alat musik dari bambu. Kemudian, permainan anak nagari yang juga menggunakan media dari bambu.

“Setelah itu, pembangunan instalasi bambu dan terakhir pembacaan puisi secara langsung dengan media tempat letak naskah puisinya juga berasal dari bambu yang itu dilakukan oleh para seniman. Dari bidang kuliner semua peralatan atau media yang dipakai itu juga berasal dari bambu,” tuturnya.

Nofri menambahkan, pemerintah daerah dalam hal ini Disparpora sebagai pihak penyelenggara telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi terjadinya kendala dalam penyelenggaran acara tersebut dengan pemerintah pusat.

“Sejauh ini tidak ada kendala yang dihadapi dan sekarang sedang tahap koordinasi antara Disparpora Kota Payakumbuh dengan Disparpora Provinsi Sumatera Barat serta Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,”tutupnya. (Faris/Mg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *